Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Selasa, 25 Juli 2017 15:35

Empat Kemungkinan Putusan MKD

Rabu, 16 Desember 2015 18:11
Opini · SolusiMobil
Majelis Kehormatan Dewan (MKD) hari ini, Rabu (16/12) siang, akan bersidang kembali untuk memutuskan perkara Setya Novanto. Berikut ini kemungkinan putusan MKD.

Kemungkinan pertama, MKD memutuskan Setya Novanto tidak melakukan pelanggaran etika sebagaimana yang dituduhkan kepadanya. Ia tidak melanggar terkait dugaan pencatutan nama presiden dan wakil presiden serta permintaan saham.

Diyakini MKD bahwa bukti rekaman dan keterangan para saksi tidak meyakinkan. Lalu dari sisi content rekaman justru mengarah kepada M Riza Chalid yang melakukan pencatutan nama dan permintaan saham.

MKD juga belum memiliki keyakinan untuk mengambil keputusan sanksi. Ini disebabkan saksi kunci M Riza Chalid tidak bisa dihadirkan di sidang MKD. Keputusan ini akan memunculkan semacam Disenting Opinion dari anggota MKD dan reaksi publik yang luas.

Kemungkinan kedua, MKD memutuskan memberikan sanksi ringan. Sanksi itu berupa teguran tertulis bahwa Setya Novanto telah melakukan pelanggaran etik ringan. Teguran tertulis ini ditafsirkan MKD sebagai lanjutan dari teguran lisan yang pernah diberikan kepada Setya Novanto dalam kasus pertemuannya dengan Donald Trump beberapa waktu lalu.

Keputusan ini bisa memicu reaksi publik meski hanya sebentar. Ada dugaan keputusan ini hasil permufakatan elite politik dari 4 kubu besar oligarki politik di Indonesia. Elite-elite ini bersepakat untuk tidak melanjutkan perkara karena jika dilanjutkan akan membongkar semua rahasia elite politik.

Kemungkinan ketiga, MKD memutuskan memberikan sanksi sedang dengan pemindahan keanggotaan pada Alat Kelengkapan DPR atau pemberhentian dari jabatan Pimpinan DPR atau Pimpinan Alat Kelengkapan DPR dan diumumkan kepada publik.

Ini artinya Setya novanto kehilangan jabatan sebagai Ketua DPR tetapi tidak kehilangan keanggotaanya sebagai anggota DPR. Kemungkinan ketiga ini bisa jadi pilihan yang melegakan semua pihak. Diyakini keputusan ini tidak akan banyak menimbulkan reaksi publik kecuali dari pihak Setya Novanto sebagai pribadi melalui jalur hukum.

Kemungkinan keempat, MKD memutuskan untuk membentuk panel sebagai bagian dari persidangan penting untuk memutuskan sanksi berat kepada Setya Novanto. Keputusan ini kemungkinannya kecil karena kegaduhan akan terus berkepanjangan dalam beberapa bulan ke depan.

Keputusan ini tentunya tidak diinginkan Presiden Jokowi sebagaimana dinyatakan Luhut Panjaitan ketika memberikan keterangan sebagai saksi dihadapan sidang MKD.
Ubedilah badrun
Jakarta, Jakarta
09876543
UBEDILAH@YAHOO.COM
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
avatar
KvWCXUvE8XZz
Kamis, 27 Oktober 2016 15:37
Learning a ton from these neat arlsitec.
avatar
Wr9m2RMBAI3
Jumat, 28 Oktober 2016 22:06
What's it take to become a sublime expneodur of prose like yourself?
avatar
penneeSB
Sabtu, 29 Oktober 2016 04:48
Superb iniftmaroon here, ol'e chap; keep burning the midnight oil. http://upoznpyhjy.com [url=http://xqiqiwa.com]xqiqiwa[/url] [link=http://jojnzmmyzt.com]jojnzmmyzt[/link]
avatar
GpjULNHPUgSpL
Kamis, 26 Januari 2017 03:35
n49BtV vfsrpsdjmahx, [url=http://jtbutrkgvnmy.com/]jtbutrkgvnmy[/url], [link=http://tssedyejlaxu.com/]tssedyejlaxu[/link], http://rwtrprcpsinx.com/

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiMobil dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiMobil akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiMobil berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA