Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Rabu, 18 Januari 2017 12:50

TIPS CARA BERKENDARA MOTOR METIC .

Rabu, 16 April 2014 12:56
Suara · SolusiMobil
berikut ini adalah beberapa tips dan teknik yang bisa Anda praktikkan untuk menjadi pengendara skuter matik yang baik dan aman:
Kenali Skuter Matic Anda
Untuk menjadi pengendara skuter matik yang baik, terlebih dahulu Anda mesti mengetahui skuter Anda sendiri. Cek buku panduan manual skuter matic Anda. Tidak semua skuter matic sama, ada yang memiliki kapasitas mesin besar (650cc atau lebih) dan ada skuter matic dengan kapasitas mesin kecil (50cc). Dengan memahami buku panduan skuter matic Anda, pengetahuan cara merawat dan memelihara kondisi motor Anda pun bisa diketahui.
Membiasakan Diri Dengan Kontrol Skuter Matic
Ada beberapa kontrol standar pada sebuah skuter matic. Anda bisa menggunakan standar ganda untuk mendirikan skuter matik Anda lalu naiklah di atasnya. Biasakan diri dengan skuter matic Anda. Cobalah untuk menarik tuas atau pedal pada motor Anda untuk membiasakan diri. Pegang kendali stang motor dan cobalah untuk menekan tombol sen, lampu depan, atau klakson. Ini dimaksudkan supaya Anda terbiasa mengetahui dimana letak tombol-tombol tersebut ketika sudah mengaplikasikannya di jalanan.
Biasakan diri dengan katup bahan bakar cadangan jika memang ada di skuter matic Anda. Ini bertujuan untuk membiasakan diri di jalanan ketika motor Anda sudah kehabisan bensin, Anda bisa segera beralih menggunakan bahan bakar cadangan tersebut sebelum Anda menemukan tempat pengisian bensin terdekat.
Teknik Melakukan Rem di Jalanan Lurus
Ingatlah, rem depan pada sebuah skuter matic mampu menyuplai 70% tenaga untuk menghentikan laju kendaraan. Salah satu teknik yang perlu Anda kuasai adalah dengan menggunakan kedua rem (depan dan belakang) setiap kali Anda ingin memperlambat laju motor Anda. Jika motor tidak sedang dalam laju kecepatan yang tinggi, rem belakang saja mungkin cukup. Tapi jika Anda sedang dalam laju kendaraan yang tinggi, tekan kedua rem tersebut tapi tidak sekaligus. Tarik kedua rem secara perlahan dan atur sedemikian rupa hingga kendaraan betul-betul berhenti secara halus.
Teknik Engine Braking Pada Skuter Matic
Tak hanya pada motor konvensional, skuter matic juga ternyata memiliki kemampuan engine braking. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk bisa mengurangi kinerja yang terlalu berat pada rem skuter matic Anda. Misalnya, ketika Anda sedang berada pada satu trek jalan yang menurun, jangan melepaskan tenaga gas pada motor Anda karena akan membuat motor melaju semakin kencang. Anda bisa menarik sedikit pedal gas motor matic Anda dan menahannya sedikit untuk memunculkan kemampuan engine brake tersebut.
Atau malah mungkin jika Anda sedang berada di jalanan yang lurus, Anda bisa juga langsung mengurangi tenaga gas motor Anda sehingga menimbulkan engine brake tersebut.
Tehnik Belok Pada Skuter Matic
Pelajari teknik berikut untuk bisa melakukan gerakan belok yang halus pada skuter matic Anda:
Pelankan laju kendaraan Anda sebelum melakukan belokan. Upayakan kepala Anda tetap tegak dan pandangan sesuaikan dengan belokan tersebut. Pelajari kondisi lalu lintas di hadapan Anda dan lihat kondisi permukaan jalan.
Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk memperlambat laju motor, lakukan belokan tersebut secara halus dan jangan menarik rem terlalu keras.
Letakkan kaki Anda pada alas (papan) motor dan upayakan untuk rileks mengikuti alur belokan skuter matic Anda.
Tingkatkan Visibilitas Skuter Matic Anda
Banyak kasus tabrakan motor skuter dengan kendaraan lain yang diakibatkan karena pengendara (misalnya mobil) tidak melihat skuter Anda melaju. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan pakaian atau jaket yang berwarna cerah. Atau mungkin Anda bisa menggunakan pakaian yang dilengkapi bahan yang dapat memantulkan cahaya. Selain itu, selalu gunakan signal pada motor Anda ketika hendak melakukan sesuatu. Misalnya, gunakan lampu sen atau kedipkan lampu depan ketika Anda bermaksud untuk belok.
Mendahului Kendaraan Lain
Prosedur mendahului kendaraan yang di depan Anda pada dasarnya sama ketika Anda menggunakan motor konvensional atau mobil. Pastikan skuter matic Anda memiliki tenaga yang cukup untuk mendahului kendaraan di depan Anda. Pergunakan kaca spion motor Anda untuk memastikan kondisi di belakang motor Anda aman sebelum Anda memutuskan untuk mendahului kendaraan di depan Anda. Gunakan lampu sen untuk memberikan sinyal kepada pengendara jalan lain di belakang Anda bahwa Anda bermaksud untuk mendahului kendaraan di depan. Terakhir, upayakan sedikit jarang dengan kendaraan yang Anda susul, jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang Anda dahului.
Rem Darurat Pada Skuter Matic
Pada suatu situasi tertentu, terkadang Anda harus selalu siap menghentikan laju kendaraan skuter matic Anda. Berikut adalah beberapa teknik yang bisa Anda aplikasikan supaya bisa menghindari hal-hal negatif pada saat berkendara:
Tarik dua tuas rem (belakang dan depan) yang ada di stang motor matic Anda. Berlatihlah di halaman parkir yang luas untuk memahami bagaimana teknik ini berlaku sehingga Anda akan semakin mahir ketika nanti mengaplikasikannya di jalan.
Upayakan skuter matic Anda tetap lurus dan perhatikan kemana Anda akan mengarahkan motor Anda ketika melakukan rem.
Jangan tarik terlalu keras rem depan skuter matic Anda, jika ban depan mulai slip, lepaskan rem tersebut dan tarik kembali lalu atur sedemikian rupa hingga laju motor betul-betul berhenti.
Teknik Melakukan Rem Ketika Belok Dengan Skuter Matic
Seperti teknik di atas, Anda bisa menarik dua rem yang terdapat pada stang motor Anda sembari membungkukkan badan ketika berbelok. Tapi lakukan secara halus dan perlahan mengikuti arah belokan. Untuk efisiensi maksimum pengereman dalam keadaan darurat, luruskan skuter Anda dengan cara meluruskan stang motor baru kemudian tarik rem sekuat-kuatnya. Tapi percayalah, Anda butuh latihan yang intensif sebelum mengaplikasikan teknik ini di jalanan.
Teknik Mengendarai Skuter Matic di Kondisi Jalan yang Buruk
Tak selamanya kondisi jalan yang Anda temui selalu halus dan lancar. Adakalnya Anda akan menemukan kondisi jalan yang buruk seperti jalanan yang berpasir, berlubang, berlumpur, atau basah sekalipun. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan manuver dengan skuter matic Anda:
Jika Anda sedang berada di kondisi lalu lintas yang padat, pastikan kendaraan di belakang Anda mengetahui bahwa Anda akan memperlambat kendaraan untuk menghindari jalanan yang buruk.
Upayakan untuk melintasi jalanan yang buruk tersebut secara lurus dan jangan menambah kecepatan motor Anda secara tiba-tiba. Upayakan selalu skuter matic Anda berada pada kecepatan yang stabil.
Jaga keseimbangan motor ketika melintasi jalan tersebut.
Jangan melakukan akselerasi berlebihan sampai betul-betul melewati jalanan yang buruk tersebut.
Itulah beberapa tips dan teknik yang bisa Anda terapkan pada skuter matic Anda. Tapi, jangan lupa untuk menerapkan keamanan standar seperti penggunaan helm, jaket, dan sarung tangan untuk semakin menambah kesiapan Anda menghadapi situasi darurat di jalanan.
Endah Kurnia
Jl. Radio Dalam No.34, Jakarta
08561808469
k.endah72@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
avatar
ItkpUJ9MUMMZ
Kamis, 27 Oktober 2016 15:38
Thanks for writing such an eat-atoyunderss-nd article on this topic.
avatar
u8AepmmG
Jumat, 28 Oktober 2016 22:06
Shoot, who would have thugoht that it was that easy?
avatar
LOzUbfXw
Sabtu, 29 Oktober 2016 04:48
Dude, right on there brehrot. http://iiplwow.com [url=http://kmcpfceea.com]kmcpfceea[/url] [link=http://cwfaixm.com]cwfaixm[/link]
avatar
Barnypok
Senin, 2 Januari 2017 17:54
nMOcPN http://www.FyLitCl7Pf7ojQdDUOLQOuaxTXbj5iNG.com
avatar
ppcqcirigb
Rabu, 11 Januari 2017 22:15
2wj30o inrgoufzsiow, [url=http://jdurymkbkqiq.com/]jdurymkbkqiq[/url], [link=http://caqtkxpbwlxs.com/]caqtkxpbwlxs[/link], http://gzvvdzeivdlj.com/

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiMobil dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiMobil akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiMobil berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA