Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Rabu, 26 Juli 2017 15:50

Salah Honda atau Tabloid Otomotif

Jumat, 2 Mei 2014 15:10
Suara · SolusiMobil
Saya salah satu customer Honda Astra Motor. Beberapa waktu yang lalu saya membeli satu unit motor Honda Beat Cash. Tidak lama kemudian saya melihat iklan di tabloid Otomotif tanggal 23 Juni 2008 Hal 40 yang menerangkan bahwa "Free CD Exclusive Honda Beat setiap pembelian motor Tukarkan di Showroom."

Statement iklan tersebut berada dalam satu kolom yang dibatasi oleh garis putus-putus yang harus dipotong dan ditunjukkan ke showroom setempat, dan tidak ada penjelasan "syarat dan ketentuan berlaku" ataupun penjelasan "hubungi Customer Service untuk info lebih lanjut."

Bila ditelaah dari promosi tersebut, kata "setiap pembelian motor" berarti setiap pembelian motor Honda motor apapun, karena tidak dijelaskan pembelian jenis motor apa saja yang berlaku. Kemudian sudah jelas tidak ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi karena tidak adanya penjelasan atau statement yang menyatakan "syarat dan ketentuan berlaku". Ataupun penjelasan "hubungi customer Service untuk info lebih lanjut."

Lalu, saya datang ke salah satu showroom setempat di mana saya melakukan pembelian motor tersebut dengan membawa koran tersebut secara keseluruhan. Namun, hal yang sungguh mengecewakan.

Pertama, beberapa staff showroom tersebut tidak mengetahui promo yang ada secara pasti, kedua, staff lain (yang sepertinya jabatannya lebih tinggi) mengatakan bahwa promo tersebut memang benar adanya. Namun, dengan syarat dan ketentuan "bagi 10.000 pembeli pertama di seluruh Indonesia".

Kemudian ketika saya tanya bagaimana cara mengetahui bahwa saya termasuk atau tidaknya ke dalam 10.000 customer pertama atau bukan? Jawaban yang saya dapatkan pun tidak menunjukkan sebuah kepastian, walaupun salah satu staff akhirnya menjawab dengan ragu bahwa nanti akan dihubungi dari Honda Astra Motor Pusat.

Lalu, ketika saya tanyakan tentang pertanggungjawaban atas promo yang ada pada tabloid tersebut, akhirnya salah satu staff tadi melemparkan "bola api" ke tabloid yang memasang iklan yang ada. Dia mengatakan untuk mengkonfirmasikan hal tersebut langsung ke tabloid yang menerbitkan iklan itu.

Hal ini yang menimbulkan kekecewaan saya atas perlakuan Honda terhadap Customernya. Ini bukan masalah atas CD-nya, namun cara dan prosedurnya yang diberlakukan. Kalau dipikir-pikir, harga CD tidaklah mahal dan bukanlah suatu permasalahan besar. Namun, cara memperlakukan customer dan pertanggungjawaban atas iklan dan promo yang dijalankan yang tidak bisa diterima.

Saya sebagai Customer merasa dipermainkan dengan promo yang tidak jelas. Saya sempat berpikir kalau saya saja yang membeli motor tersebut secara lunas
diperlakukan demikian. Apalagi customer yang membeli motor secara cicilan. Hal ini sama saja merendahkan dan mempermainkan customer. Atau bahkan mungkin saya tidak tahu pasti apakah hal ini termasuk kategori penipuan atau bukan.

Ini baru hal kecil yang sebenarnya tidaklah terlalu krusial dan mungkin bukan suatu hal besar dan utama bagi customer. Namun, saya jadi berpikir bagaimana bila nanti ada permasalahan yang lebih besar. Akankah saya mendapat pelayanan yang baik dan memuaskan.

Permasalahan ini membuat saya jadi berpikir ratusan kali untuk berhubungan dengan pihak Honda lagi. Terima kasih.
Rudy Hendarsyah
Pamulang Permai 2, Jl Benda Timur 10 Blok E 37 No 7 Pamulang Ciputat, Tangerang
02192235399
arsyah_keren@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiMobil dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiMobil akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiMobil berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA