Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Senin, 29 Mei 2017 10:43

Menyesal Jadi Nasabah Adira Kredit

Selasa, 6 Mei 2014 14:06
Suara · SolusiMobil
Jakarta, akhir bulan juni 2012 saya mengajukan kredit kepada leasing Adira quantum kredit untuk ke 3 kalinya guna membeli sebuah kamera yang saya butuhkan untuk menjalankan usaha studio foto saya. Untuk pinjaman pertama dan kedua semua lancar dan tidak ada masalah namun tidak untuk kali ke -3. Pertengahan maret saya mengajukan kredit kepada bank Bri unit cempaka putih karena saya hendak mendirikan usaha baru hingga membutuhkan modal tambahan dan setelah melalui beberapa tahapan saya dikabarkan dari pihak Bri bahwa BI checking saya terkena status kolek 2 dari bank Danamon cabang kebon sirih dan saya diminta untuk meminta surat keterangan lancar kepada bank yang bersangkutan. Jumat, 22 maret 2013 saya langsung datang ke kantor cabang bank Danamon kebon sirih, di bank tersebut saya menemui customer service untuk menyampaikan keperluan saya.

Namun dari customer service bank Danamon tersebut menyatakan bahwa pihaknya tidak dapat mengeluarkan surat yang saya butuhkan karena saya mengajukan kredit dari Adira quantum dan saya harus mengurus langsung ke Adira, lalu saya diarahkan untuk mengurusnya ke kantor cabang Adira yang bertempat di ruko cempaka mas. Masih dihari yang sama saya langsung mendatangi pihak Adira kredit cabang ruko cempaka mas. Setibanya saya di kantor cabang Adira saya langsung menyampaikan keperluan saya untuk meminta surat keterangan lancar yang saya butuhkan.

Namun pihak Adira menyatakan tidak dapat mengeluarkan surat keterangan lancar karena memang mereka tidak pernah mengeluarkan surat keterangan tersebut sebelumnya dan saya hanya diberikan histori pembayaran saja. Ditempat tersebut saya juga sempat menanyakan apa penyebabnya saya terkena status kolek 2, menurut catatan saya belum membayar denda Rp 150.000 karena keterlambatan pembayaran (angsuran Rp 1.104.000) dan saya juga telah memastikan bahwa saya tidak memiliki tunggakan lain.

Saya mencoba menjelaskan kepada pihak Adira bahwa saya tidak tahu perihal denda tsb karena saya selalu bayar melalui menu pembayaran yang ada di atm BCA hingga saya tidak pernah menginput nilai pembayaran karena nilainya sudah otomatis tercantum akibatnya saya tidak tahu bahwa masih ada denda yang belum saya bayarkan. Setelah itu saya menanyakan kembali apakah hanya denda itu saja? dan apakah setelah membayar denda itu saya bisa mendapatkan surat keterangan lancar yg saya butuhkan?

Lalu mereka menjawab ,”ia hanya denda itu saja yang belum dibayarkan namun walaupun sudah dibayar lunas kami tetap tidak bisa mengeluarkan surat keterangan lancar karena kami sebelumnya tidak pernah mengeluarkan surat tersebut kami hanya bisa mengeluarkan histori pembayaran dan surat keterangan lunas.” Berbekal surat histori pembayaran saya kembali menuju bank Bri unit cempaka putih, namun setelah saya memberikan histori pembayaran saya masih tetap diminta untuk tetap melengkapi berkas dengan surat keterangan lancar dari pihak Adira kredit.

Sayapun mencoba menjelaskan kepada pihak Bri bahwa pihak Adira tidak bisa mengeluarkan surat tsb karena mereka tidak pernah mengeluarkan surat seperti itu. Lalu pihak Bri menjelaskan “ada pak, banyak dari nasabah kami terjadi seperti ini juga, lalu mereka mengurus surat keterangan itu. Dan setiap pihak yang berani mengeluarkan status kolek ke BI tentang nasabah juga wajib mengeluarkan surat keterangan lancar apabila sudah lancar(dibayar).” Akhirnya dari pihak Bri menyarankan saya ke pusat Adira yang berada di gedung landmark karena pernah ada nasabahnya meminta surat keterangan tsb dan berhasil.

Senin, 25 maret 2013 saya langsung datang ke kantor Adira gedung landmark lt 21, disitu saya menemui seorang satpam dan receptionist dan menyampaikan maksud kedatangan saya. Namun ternyata di gedung itu saya dijelaskan bahwa memang ada surat keterangan lancar dan mereka memang mengeluarkan hanya saja di gedung tsb hanya terdapat Adira finance yang mengurusi kredit kendaraan bermotor bukan kredit elektronik. Dari situ saya diarahkan untuk kembali ke ruko cempaka mas dimana kantor Adira kredit berada.

Lalu saya mencoba kembali ke ruko cempaka mas kantor Adira kredit setelah menemui satpam saya di temui bpk Nugroho dari pihak Adira kredit quantum namun penjelasan yang sama seperti sebelumnya yang saya dapatkan bahwa pihaknya tidak bisa mengeluarkan surat tersebut karena memang tidak pernah mengeluarkan walaupun saya tidak memiliki tunggakan karena tidak ada formatnya. Saya coba menanyakan pertanggung jawaban pihak Adira yang telah menerbitkan status kolek 2 tanpa mau mengeluarkan surat keterangan lancar walaupun nasabahnya telah melunasi semua kewajibannya. Bingung hendak menjelaskan apalagi saya malah diarahkan untuk ke Adira kantor cabang bekasi alih-alih agar saya pergi.

Hingga akhirnya saya diarahkan kembali untuk menghubungi call centre di no : 021 3435 8818 lalu saya ditinggal sendiri oleh bpk Nugroho tanpa ada kejelasan dan keterangan lebih lanjut. Saya pun langsung menghubungi dan menyampaikan perihal yang saya maksud melalui call centre. Namun menurut penjelasan customer service yang bernama Hera saya pun dijelaskan bahwa Adira kredit memang tidak pernah mengeluarkan surat keterangan lancar.

Saat ini saya bingung harus kemana lagi karena dirasa tidak ada solusi dari pihak Adira atas permasalahan saya, dan heran juga bagai mana satu leasing perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda yaitu Adira Finance otomotif yang bersedia mengeluarkan surat keterangan lancar dan Adira Quantum Kredit yang benar-benar tidak mau mengeluarkan surat keterangan lancar walau semua kewajiban sudah dilunasi.

Saya paham bahwa hak dari sebuah bank/leasing untuk menerbitkan status lancar /tidaknya nasabah ke BI. Namun bukankah hak nasabah juga mendapatkan surat keterangan lancar apabila seluruh kewajibanya telah dibayar lunas.
ratfair sudibyo
jl gandaria 3 rt 11/2 no.45, Jakarta Timur
08561808xxx
k.endah72@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
avatar
ZH15I6p8M
Kamis, 27 Oktober 2016 13:32
This is just the peefcrt answer for all of us
avatar
i4Ek8TR0kivO
Jumat, 28 Oktober 2016 22:00
Please teach the rest of these internet hoglaoins how to write and research!
avatar
TwclzTIaVi
Sabtu, 29 Oktober 2016 04:43
Great insgthi! That's the answer we've been looking for. http://cqphzyfm.com [url=http://gdnuqhhkj.com]gdnuqhhkj[/url] [link=http://ijqaatwob.com]ijqaatwob[/link]

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiMobil dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiMobil akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiMobil berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA