Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Selasa, 25 Juli 2017 15:41

Peremajaan Bajaj Oranye Ke Biru, Kapan?

Rabu, 28 Mei 2014 16:33
Suara · SolusiMobil
Peremajaan Bajaj Oranye ke Biru, Kapan?
"menggantian bajay warna Laranye yang berbahan bakar JL premium dengan bajaj warna biru (berbahan bakar gas) di DKI Jakarta secepatnya harus dilakukan. Memang, pernah tersiar kabar ada ratusan atau bahkan ribuan bajay oranye telah diganti dengan bajay biru. Alasannya cukup masuk akal Karena, bajay lama yang wama oranye dirasa sudah tidak layak lagi dioperasikan di Ibu Kota Jakarta yang kini sedang berbenah diri setelah dipimpin pasangan baru Gubernur Joko Widodo (Jokowi) dan Wagub Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Jadi, penggantian bajaj wama biru merupakan bagian dari peremajaan armada angkutan umum jenis bajaj di jalan-jalan lingkungan agar lebih manusiawi.

Selain mengakibatkan polusi (bersuara bising dan berasap tebal), bajaj wama oranye kurang enak dipandang sehingga menimbulkan kesan kakumuhan. Agak aneh memang, sementara merokok saja dilarang karena asapnya membahayakan kesehatan, namun bajaj yang jelas-jelas berasap tebal dan juga sangat membahayakan kesehatan masyarakat dalam lingkup radius polusi yang lebih luas, masih dibiarkan beroperasi.

Yang jadi pertanyaan, mengapa jumlah bajaj wama oranye masih banyak saja, bahkan ada kesan tetap mendominasi di jalan-jalan lingkungan di Jakarta ini?
Mungkinkah bajay lama wama oranye yang katanya sudah diganti, kembali dioperasikan secara diam-diam atau dirakit kembali secara kanibal? Bukankah pemberitaan tentang pemusnahan bajaj lama, sejauh ini pun tidak pemah terdengar?
Ini berbeda dengan dulu, ketika zaman Gubernur Ali Sadikin melarang pengoperasian becak di Jakarta tahun 1970-an. Becak-becak hasil razia langsung dimusnahkan dengan diceburkan ke laut. Hasilnya efektif. Sejak pemusnahan itu, tidak ada cerita becak dioperasikan lagi.

Dalam peremajaan bajaj, seharusnya bajay yang diganti juga langsung dimusnahkan. Ini penting, untuk menghindarkan adanya penyalahgunaan, kemungkinan bajay tersebut dioperasikan kembali atau dipreteli onderdilnya yang masih bisa digunakan untuk kemudian dirakit (secara kanibal) hingga menjadi bajaj-bajaj wama oranye baru.

Sebaiknya Pemprov DKI tidak tanggung alias setengah-setengah dalam meremajakan bajaj. Kalau perlu langsung diganti sekaligus semua bajay yang ada dengan tenggang waktu sampai setahun, misalnya. Beri kesempatan pengusaha untuk mengganti dengan bajaj yang baru selama setahun, setelah itu tidak boleh lagi bajaj wama oranye beroperasi karena hanya akan membuat polusi udara dan suara bising di DKI Jakarta.
Hanya dengan cara tegas demikian, bajaj lama wama oranye bisa diganti seluruhnya dengan bajay warna biru berbahan bakar gas yang lebih manusiawi, tidak berasap dan tidak mengeluarkan suara bising.
Astuti
Jembatan Besi, Jakarta Barat
08561808xxx
k.endah72@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
avatar
odk88qJNQlMG
Kamis, 27 Oktober 2016 16:09
It's about time soeonme wrote about this.
avatar
e8xrJiMShjb
Jumat, 28 Oktober 2016 22:07
With the bases loaded you struck us out with that anrswe!
avatar
A90FFKdzbWK
Sabtu, 29 Oktober 2016 04:49
Thnkniig like that is really amazing http://hhfcykzobq.com [url=http://vrpsqumsqff.com]vrpsqumsqff[/url] [link=http://pdymlyrunj.com]pdymlyrunj[/link]

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiMobil dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiMobil akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiMobil berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA